Bupati Herdiat Harapkan ASN Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan kepada Masyarakat

RANCAH,- Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya mengharapkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Ciamis dapat terus meningkatkan kinerjanya dengan baik dalam melayani masyarakat dan tidak ikut campur pada hal-hal politik.

Hal tersebut disampaikan Bupati dihadapan 500 peserta yang terdiri dari ASN, pegawai kecamatan, perangkat desa, kepala desa, guru dari Kecamatan Rancah dan Tambaksari dalam kegiatan peningkatan kapasitas aparatur kecamatan dan desa Kabupaten Ciamis tahun 2023, di Gedung Dakwah Islam Kecamatan Rancah, Selasa (11/07/2023).

Dikatakan Bupati, para ASN harus bisa melayani masyarakat dengan baik, dapat menjungjung tinggi profesionalisme, bermartabat serta mempunyai harga diri. Menurutnya saat ini terdapat beberapa oknum ASN yang memiliki mental kurang bagus.

“Saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, ada beberapa oknum ASN maupun non ASN, perangkat desa serta kepala desa yang mentalnya kurang bagus dengan melakukan pelecehan seksual, korupsi ataupun penyalahgunaan kewenangan,” ungkapnya.

Meski begitu, Bupati mengaku bangga kepada ASN Kabupaten Ciamis yang menunjukan kinerja dengan trecking yang meningkat selama beberapa tahun ini. Selama tahun 2022, Kabupaten Ciamis banyak meraih prestasi baik dari tingkat provinsi maupun tingkat nasional, tercatat sebanyak 288 penghargaan yang telah diperoleh.

“Prestasi ini semata mata adalah bentuk kerja keras dan kerjasama seluruh ASN, termasuk kepala desa dan perangkat desa. Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya, mudah-mudahan kita dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi dan kinerja yang baik ini,” harapnya.

Bupati juga mengatakan, menjelang pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, para ASN harus tetap menjaga kondusifitas dan netralitas di tengah masyarakat. Para ASN jangan memihak kepada salah satu partai ataupun salah satu calon.

Menurutnya, semua ASN harus memahami tugas dan fungsi masing-masing, begitu juga kepala desa, meski dilatarbelakangi politik, namun setelah dilantik harus netral dan tidak berpihak pada golongan atau partai. Bupati juga meminta agar para ASN lebih meningkatkan kinerja untuk melayani masyarakat, harus netral dan tidak ikut campur pada hal politik.

“Mari kita sama-sama kita jaga kondusifitas, agar pemilu 2024 mendatang dapat berlangsung umum, bebas dan rahasia, aman dan kondusif,” ajak Bupati.

Share Berita